Walet pengaruhi manusia melakukan kesalahan yang tidak disadari manusia

Sudah berapa banyak peternak walet malakukan kesalahan yang tampa disadari dirinya.
Jangan lagi melakukan terus kesalahan itu stop mainkan logika berpikir ala manusia jangan ala walet.
Berikut ini adalah keluhan2 yang sering kita dengar.
Sudah 3 tahun hanya 1 sarang rumah walet saya napa ya..? padahal saya sudah beli suara walet yang sudah menghasilkan panen 30kg per bulan bahkan ada yang sudah main generasi yang keberapa sudah.
Sudah 4 tahun rumah walet saya 7 sarang saja kenapa ya..? padahal rumah walet di seberang sana sudah panen 7kg
Sudah 1.5 tahun hanya 16 sarang dan banyak lagi.
Sudahkah kita sadari apa yang kita lakukan itu salah atau tidak benar..?
Tentu saja belon jika sudah menyadarinya pasti ngak akan seperti keluhan diatas.
Sadarilah kesalahan yang kita lakukan itu yang tidak benar ala walet
1.Bunyikan suara atau bahasa walet keras-keras sampai telinga kita sudah tidak mampu dengar. Penyakit ini 80% dilakukan pemain walet
2.Menggunakan speaker corong panjang supaya walet bisa dengar suaranya kedengaran dari jarak 1km.   Ini  hanya untuk menyenangkan sipemilik rumah walet yang tidak paham atau pemain baru.
3.Menggunakan speaker hexagonal biar banyak walet mendengarnya dari segala penjuru dan datang main, Ini logis dan banyak burung walet yang datang bermain tapi jangan senyum dulu setelah 6 bulan kemudian apa kabar..? mengurut kening.
4.Setiap 3 bulan ganti suara nyanyian walet supaya walet ngak bosan dengarnya. Emang walet bisa dengar lagu seperti manusia.
5.Yang terpenting lagi setiap alunan bunyian suara tersebut harus ramai  main2 didekat lubang masuk wah ini sudah topdah dunia mau runtuh pun tidak mau tau lagi pokoknya inilah dia suara walet terdahsyat, pola pikir inilah rengking paling tinggi diminati peternak walet.
Inilah sumber tambang emas bagi yang jeli pola pikirnya untuk mengais Rp jual nyanyian suara walet dasyat makin ramai walet berdatangan makin mahal harganya makin percaya dirilah sipenjualnya.
Jika sudah setiap sore ramai karena penggantian suara dasyat, saya rasa pasti sudah tidak ada lagi keluhan seperti diatas.
Semua yang dilakukan itu hanya buang waktu, uang, tenaga  dan pikiran jadi stres.

Intinya sangat simple jika mau sukses merumahkan walet.
1.Bangunan rumah walet harus terkonsep dengan benar terutama tata ruangnya jika ini benar tidak ada kata gagal dikemudian hari.
2.Jangan sembarangan menggunakan suara walet atau bahasa walet menurut promosi orang sudah menghasilkan berkilo2 sarang waletnya.Jangan tergiur dulu tampilan vidionya yang ramai waletnya keluar masuk bisa saja rumah walet tersebut sudah berhasil puluhan tahun otomatis waletnya ramai lalu digantikannya suara promosi tersebut lalu kita percaya bahwa suara tersebut sudah berhasil memanggil walet nginap dirumah walet tersebut dan berhasil.
3.Gunakanlah bahasa walet muda selama walet masih berproduksi anak walet pasti berkembang terus rumah walet kita tidak ada kata gagal dikemudian hari.
4.Jangan melakukan kesalahan lagi dengan telor bebek, kotoran walet, PW, dan banyak lagi hal2 yang menurut manusia ada benarnya tapi menurut walet masih tanda tanya.
5.Tinggi ruang inap minimal harus diatas 3m, ruang sirip minimal 42cm dengan ukuran papan tebal 3cm lebar 20cm.
 Berikut ini saya perlihatkan contoh konsep tata ruang yang saya rancang.